Kamis, 31 Maret 2016

Contoh teks pidato

Manfaat Tanaman Obat Tradisional Bagi Kesehatan 

Masyarakat Indonesia

Assalammualaikum wr.wb
Yang terhormat Bapak Kepala SMP Negeri 1 Plumpang
Yang terhormat Bapak/Ibu penguji
Serta teman-temanku yang berbahagia
Pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang tak henti – hentinya telah memberikan hidayah dan nikmatnya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam rangka ujian praktik bahasa indonesia tanpa halangan sedikitpun dan dalam kondisi sehat walafiat. Tak lupa shalawat serta salam marilah kita panjatkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang lewat agama islam. Semoga kita diberikan syafaatnya pada yaumil akhir kelak amin.
                Bapak/Ibu pengji yang saya hormati
Pada hari yang berbahagia ini perkenankanlah saya untuk menyampaikan sepatah duapatah kata tentang Manfaat Tanaman Obat Tradisional Bagi Kesehatan Masyarakat Indonesia,
Kita semua pasti sudah tau apa yang dimaksud dengan tanaman obat tradisional.Tanaman obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan alam yang berasal dari tumbuhan yang secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat. Tanaman obat tradisional seringkali disebut juga dengan istilah “Toga” yaitu Tanaman  Obat Keluaraga . Mengapa disebut toga ? karena tanaman ini berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan.Toga merupakan beberapa jenis tanaman obat pilihan yang ditanam di pekarangan rumah atau lingkungan sekitar rumah.Di Indonesia sendiri toga  diolah dan di jadikan obat yang  dikenal dengan sebutan  jamu.
Taukah kalian , bahawa Menurut penelitian masa kini, toga memang bermanfaat bagi kesehatan kita, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Toga pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh.
                Para teman-teman yang berbahagia
                Toga memiliki banyak jenis serta manfaatnya , antara lain :
1. Kunyit
Salah Satu Manfaat kunyit adalah Menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah
2. Jahe
Tanaman ini sudah cukup terkenal dikalangan pecinta minuman herbal yang cukup ampuh menghangatkan tubuh dikala cuaca dingin Salah Satu Manfaatnya adalah Mengatasi batuk, melegakan nafas, masuk angin dan kepala pusing.
3. Kencur
Salah Satu Manfaat kencur adalah Mengatasi batuk menghilangkan rasa lelah, dan antiperadangan lambung.
4. Temulawak
Temulawak berkhasiat sebagai obat anti peradangan seperti mengatasi keracunan empedu dan memperlambat proses penyebaran virus hepatitis
5. Lengkuas
Manfaat lengkuasadalah  penambah nafsu makan, menyembuhkan rematik dan limfa, meredakan diare, mengatasi mabuk darat dan laut dan mencegah tumor.Menjadikannya sebagai bahan bumbu masakan adalah cara efektif untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.
6. Sirih
Sirih bekhasiat mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti mimisan, sakit gigi,bau badan, menghilangkan penyakit kulit, dan obat kumur alami untuk membunuh bakteri aktif dalam mulut.
7.Daun Kemangi
Salah satu manfaat daun kemangi adalah untuk menetralisir racun yang mungkin saja terbawa pada makanan terutama makanan yang dibakar.
Khasiat lain dari kemangi antara lain : memperkuat sistem kekebalan tubuh,sebagai antiseptik alami, memperbaiki fungsi hati,mencegah tulang kropos.
8. Lidah Buaya
Lidah buaya sekali digunakan oleh pakar kecantikan untuk menghilangkan jerawat, menjaga kesehatan bulu mata, memperkuat rambut dan menghilangkan ketombe.Selain itu, berbagai penyakit juga dapat dicegah dan diobati dengan lidah buaya diantanyanya : melancarkan peredaran darah, membantu mempercepat proses penyembuhan paska operasi, menyembuhkan TBC Asma Batuk, anti peradangan dan menyembuhkan tekanan darah tinggi.

                Bapak/Ibu yang saya hormati
                Dan teman-teman yang saya sayangi

                Tanaman obat Tradisional memang sagat bermanfaat bagi bangsa kita terutama bagi kesehatan kita sendiri.Sebaiknya kita lebih memilih untuk mengonsumsi jamu yang tebuat dari toga dari pada kita mengonsumsi obat toko yang mengandung zat kimia.
Harapan saya semoga kita sebagai bangsa Indonesia lebih memilih untuk mengonsumsi jamu yang mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh.
                Kiranya cukup sampai disini sepatah duapatah kata yang dapat saya sampaikan. Untuk segala kesalahan dan tutur kata yang kurang berkenan dihati Bapak/Ibu serta teman-teman semua, baik yang saya sengaja maupun tidak, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.


Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar